Cara menyimpan daging kurban agar awet dan tahan lama

Idul Adha biasanya identik dengan pembagian daging kurban. Daging kurban yang didapat biasanya akan disimpan di lemari es jika memang belum ingin diolah atau dirasa terlalu banyak. Untuk menyimpan daging merah seperti daging sapi dan kambing, ada beberapa kiat untuk tetap menjaga kualitasnya. Tidak cuma daging merah, aneka jenis daging unggas juga dapat menggunakan cara penyimpanan berikut ini:

1. Lihat warna daging

Daging merah segar, tidak berlendir, dan memiliki bau khas daging adalah tanda daging dalam kondisi segar dan dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Apabila daging mengalami perubahan warna, daging berarti tidak dapat disimpan lama di lemari es atau bahkan tak layak konsumsi.

Perhatikan dengan seksama kualitas daging. Daging berwarna gelap bisa disebabkan ternak kurang istirahat sebelum dipotong, sehingga memengaruhi warna dan keempukan daging.

2. Potong kecil kecil

Sebelum dimasukkan ke kulkas, disarankan daging dipotong-potong sesuai takaran konsumsi. Jangan menyimpan dalam ukuran besar-besar. Jadi ketika akan mengolah daging dalam porsi kecil, tidak perlu mengeluarkan semuanya.

3. Simpan dalam plastik food grade, hindari kantong kresek

Masukan daging yang telah dipotong potong ke plastik transparan yang tergolong food grade dengan lapisan penutup. Hindari menggunakan kantong kresek apalagi yang berwarna-warni. Jika tidak ada plastik cobalah wadah plastik dengan tutup rapat.

4. Pisahkan daging dan jeroan

Pemisahan ini dilakukan karena jeroan lebih cepat rusak dibandingkan daging, sehingga disarankan untuk menyimpan di plastik dan freezer yang berbeda.

5. Suhu yang tepat untuk menyimpan daging

Daging yang disimpan di kulkas bagian refrigerator dapat bertahan 3-4 hari.

Di dalam freezer pada temperatur di bawah -18 derajat celcius daging dapat bertahan hingga enam bulan dengan tidak terjadi perubahan dari sisi nutrien, temperatur -18 derajat celcius, menyebabkan seluruh air di dalam daging membeku sehingga tidak dapat dimanfaatkan mikrobia untuk tumbuh.

6. Lakukan tahapan suhu untuk menyimpanan dan mengeluarkan daging

Setelah hewan dipotong, akan terjadi kontraksi atau ‘rigor mortis’ pada daging. Sebaiknya, kontraksi ini ditunggu hingga daging tidak tegang (keras), kemudian daging dimasukkan ke dalam lemari es.

Daging dimasukkan ke dalam kulkas secara bertahap, yaitu diletakkan di lemari es bagian refrigerator terlebih dahulu selama 24 jam. Kemudian, pindahkan daging ke dalam freezer. Hal ini untuk menghindari temperature shock yang dapat menyebabkan daging alot. Selanjutnya, ketika mengeluarkan daging dari kulkas, juga disarankan untuk dilakukan secara bertahap.

Pertama, pindahkan daging dari freezer ke bagian refrigerator lemari es dan biarkan sampai mencair. Setelah itu, keluarkan daging dari bagian refrigerator dan daging dapat dimasak.

7. Jangan memasukan kembali daging beku yang telah encer

Sangat tidak dianjurkan untuk memasukkan kembali ke dalam kulkas daging beku yang sudah dikeluarkan hingga cair. Dalam kondisi seperti ini mikrobia semakin banyak dan akan mempercepat proses pembusukan.

Sumber: https://aceh.tribunnews.com/

Nah , itu tadi adalah cara menyimpan daging agar awet dan tahan lama. Dengan begini kamu tak akan mengalami kealotan lagi ketika membuat hidangan buat keluarga tercinta.
Dan untuk mendapatkan daging sapi yang berkualitas baik, anda bisa menghubungi Indomitraprimaboga sebagai produsen, supplier/pemasok, dan distributor/penyalur berbagai jenis daging impor-lokal. Indomitraprimaboga memiliki jenis produk terlengkap (complete items), kualitas produk dan layanan (qualified products & services), dengan harga terjangkau (reasonable price)

IndomitraPrimaBoga, supplier, distributor daging sapi lokal maupun impor, selain itu kami menjual buntut sapi lokal, iga sapi lokal/impor, ayam karkas size 0.9-1kg, cumi kupas impor, salmon, dori lokal fillet, dll. Pembelian sesuai ketentuan bisa diantar langsung oleh logistic kami, tunggu apalagi Bun, Yuk segera diorder, untuk informasi lebih lanjut & untuk informasi pemesanan hubungi kami :

Call Center      : 0811178631 (telp/wa/sms)

Phone              : 021-5850528

Email               : mitrabogatama@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *